|1| Divination


Tarot

Dari mana sebenarnya asal muasal kartu Tarot tidak kelas dan tidak diketahui . Berbagai catatan yang paling dini dari keberadaan pak atau bungkus kartu ini memperlihatkan bahwa pada awalnya Tarot dikenal sebagai permainan kartu dengan nama Perancis Les Tarots . yang dimainkan di Italia . Permainan ini , masih tetap dimainkan di beberapa negara , sama sekali tidak ada kemiripan dengan penggunaan kartu Tarot sekarang , yaitu untuk tujuan meramal .

Lama seklai Kartu Tarot digunakan semata-mata sebagai permainan kartu saja . Baru di penghujung abad ke-delapanbelas kartu ini dihubungkan dengan kebiasaan meramal . Di zaman sekarang kartu Tarot hanya digunakan orang yang mencoba meramal masa depan , meskipun kartu ini juga digunakan sebagai obyek fokus oleh orang yang sedang melakukan meditasi .



Banyak teori berlalu lalang mengenai asal-muasal kartu Tarot , menghubungkannya dengan berbagai budaya dan kepercayaan yang berbeda-beda . Salah satu kepercayaan ini adalah bahwa Tarot berasal dari hieroglif Mesir . Hubungan antara Tarot dan budaya Mesir dijelajahi seorang intelektual Perancis abad ke-delapanbelas , Court de Gebelin . Sementara mengerjakan studi besar-besaran mengenai okultisme , ia mengembangkan teori bahwa ada hubungan antara Tarot dan ‘Kitab Toth’. Toth adalah dewa ilmiah Mesir . Trismegistus , seorang ahli alkimia dan guru ilmu sihir , diperkirakan meletakkan ajaran-ajarannya dalam ‘kitab’ ini . Bahwa teori tersebut menjadi begitu populer bisa dimengerti , karena di zaman itu masyarakat sangat tertarik kepada segala sesuatu yang berbau Mesir .

Di pertengahan abad ke-sembilanbelas karya Court de Gebelin dikembangkan Alphonse Louis Constant , seorang Perancis lainnya dengan minat besar dalam ilmu gaib . Ia mengembangkan sebuah system untuk menafsirkan kartu Tarot yang mendorong dicetaknya beberapa jenis kartu Taror , termasuk kartu Taror paling popular , versi Rider-Waite , yang kami gunakan untuk memberi ilustrasi dalam buku .

Satu teori lain mengenai asal-muasal kartu Tarot adalah bahwa para Ksatria Templar [Knights Templar] meletakkan kepercayaan mereka dalam kedua puluh dua kartu Arkana Mayor . Menurut kepercayaan orang , mereka melakukannya tidak lama sebelum para Ksatria Templar dibubarkan dengan dieksekusinya Guru Besar dan Sesepuh , Jacques du Molay , di tahun 1314 . Meksipun ada beberapa unsure Kristiani dalam kartu Tarot , hubungan antara para Ksatria Temolar dan penggunaan kartu Tarot diperkirakan sebagai kemustahilan .

Pendapat-pendapat lain mengenai asal-muasal kartu Tarot adalah bahwa kartu ini dibawa ke Eropa dari Asia oleh bangsa gipsi , bahwa Tarot berasal dari Arabia dan dibawa pulang pasukan perang salin ke Eropa , atau bahwa Tarot berasal dari India dan dulunya semacam bentuk dini dari permainan catur . memang agaknya ada hubungan dekat antara Tarot dan Kabala , yang adalh mistik dan ilmu sihir yang dipraktekkan umat Yahudi kuno . Untuk kita di zaman sekarang misteri asal-muasal inilah yang membuat kartu ini begitu mempesonakan dan kita merasakan betapa asyiknya menafsirkan kartu-kartu yang misterius ini .

Apapun asal-muasalnya yang sebenarnya , kartu Tarot sebagaimana kita mengenalnya sekarang , berasal dari awal kurun waktu Renaisans . Kartu Tarot paling dini yang masih ada dibuat di Italia untuk keluarga Visconti di Milan sekitar tahun 1450 . Perangkat ini terkadang terkenal dengan nama kartu Bembo , menurut perupa , Bonafacio Bembo , yang biasanya dianggap sebagai pelukis kartu-kartu ini untuk keluarga Visconti . Tidak semua orang percaya bahwa Bembo adalah orang yang bertanggung-jawab atas pembuatan kartu itu , dan beberapa orang beranggapan bahwa pembuatnya adalah Fransesco Zavattari .

Banyak pak kartu Tarot yang dianggap memiliki nilai histories dan asli adalah rancangan Perancis , dan bukan Italia . Diantara jenis-jenis kartu Tarot ini , Tarot de Marseilles cukup terkenal sekali . Di abad ke-tujuhbelas pembuat sudah berhenti berkarya . Pada waktu itu kartu-kartu diimpor dari Perancis ke Italia .

Kartu Tarot berubah dan dikembangkan selama berabad-abad . Versi Rider-Waite tidaklah sama dengan Tarot de Marseilles , dan pada gilirannya Tarot de Marseilles , dan pada gilirannya Tarot de Marseilles tidak sama dengan pak kartu Visconti . Beberapa pak kartu Tarot dini terdiri atas lebih dari 78 kartu , dan susunan kartupun sudah berubah beberapa kali .

Dibagian akhirabad ke-dua puluh popularitas Tarot tersebar luas sementara orang terpesona oleh praktek-praktek Zaman Baru dan suatu hasrat untuk mengetahui apa yang disimpan masa depan dalam zaman tidak pasti ini . Dulu , mereka yang berminat kepada ilmu gaib menjadi bulan-bulanan kecurigaan orang , tetapi sekarang produksi buku-buku tentang ilmu gaib dan perangkat kartu Tarot merupakan bisnis besar-besaran . Ada banyak perangkat Tarot yang bisa kita pilih – bahkan Salvador Dali memproduksi satu versi kartu Tarot sebagai salah satu karyanya . Beberapa menggali inspirasi dari kebudayaan purba , seperti kebudayaan Kelt misalnya , dan beberapa lagi didasarkan atas fantasi . Semua versi kartu Tarot yang ada sekarang dirancang dengan indah dan bisa dihargai sebagai karya seni . Memang , banyak sekali versi kartu Tarot yang dijual tidak akan pernah digunakan untuk tujuan meramal .

Banyak mistik dan ritual sering dikaitkan dengan penggunaan kartu Tarot , barangkali karena banyaknya pelambangan purba yang menjadi bagian kartu-kartu ini . Banyak pengguna kartu Tarot merasa bahwa mereka harus membungkus kartu-kartu itu dalam sehelai sutra hitam atau ungu , dan banyak kemudian menempatkan kartu yang terbungkus sutera itu di dalam kotak kayu buatan sendiri .

Beberapa orang percaya bahwa kartu Tarot tidak boleh dibeli orang yang akan menggunakannya . Mereka merasa bahwa supaya bisa mencapai kemanjuran optimal sebuah pak kartu Tarot harus dibeli orang lain dan diberikan kepada si calon pengguna sebagai hadiah .

Banyak pengguna kartu Tarot tidak suka orang lain , selain diri mereka sendiri atau klien mereka , menyentuh atau meraba kartu mereka . mereka merasa bahwa mereka sudah membangun semacam hubungan simbolis yang khusus dengan kartu mereka , dan hubungan itu akan hancur jika pak kartu itu disentuh orang lain .

Beberapa pengguna kartu tarot suka mengikuti ritual tertentu apabila mereka akan memberi tafsiran kartu . Misalnya , mereka kemungkinan suka membaka dupa atau memainkan musik . Beberapa lagi mungkiin merasa bahwa mereka harus berada di suatu arah tertentu .

Satu pak kartu Tarot seluruhnya terdiri atas 78 kartu , 22 darinya merupakan Arkana Mayor . Kartu-kartu Arkana Mayor berperan daripada kartu Arkana Minor , karena melambangkan perubahan-perubahannya besar dalam kehidupan si penanya . Setiap kartu punya angka , dan angka ini juga punya makna apabila malikukan suatu penafsiran punya arti tersendiri . Angka-angka itu adalah :

0 – Fool [Badut]
1 – Magician [Penyihir]
2 – High Priestess [Imam Agung Wanita]
3 – Empress [Ratu]
4 – Emperor [Kaisar]
5 – Hierophant [Pendeta]
6 – Lovers [Para Kekasih]
7 – Chariot [Kereta Perang]
8 – Strength [Kekuatan]
9 – Hermit [Petapa]
10 – Wheel [Roda]
11 – Justice [Keadilan]
12 – Hanged Man [Laki-laki Digantung]
13 – Death [Maut]
14 – Temperance [Pengendalian]
15 – Devil [Iblis]
16 – Tower [Menara]
17 – Star [Bintang]
18 – Moon [Bulan]
19 – Sun [Matahari]
20 – Judgement [Penghakiman]
21 – World [Dunia]

-56 kartu lainnya merupakan kartu Arkana Minor dan dibagi ke dalam empat rupa atau jenis :
1. Wands -> dalam buku-buku penuntun lain berbahasa Inggris kemungkinan juga dirujuk sebagai Sceptres , Rods , Batons , Staves -> Tongkat
2. Cups -> Cawan
3. Swords -> Pedang
4. Pentacles -> Bintang Bersudut Lima ( dalam bahasa Inggris sering diacu sebagai Coins atau Discs ) .

-Setiap jenis terdiri atas sepuluh kartu berangka ( misalnya , Delapan Pentacles ) dan empat kartu kerajaan . Kartu Kerajaan adalah :
1. Page [Calon Ksatria]
2. Knight [Ksatria]
3. Queen [Ratu]
4. King [Raja]

-Kartu-kartu Arkana Minor katanya berhubungan dengan kartu besar [orang juga menyebutnya kartu Bridge atau kartu Remi] zaman sekarang . Mereka yang berminat kepada kartomasi , ialah ilmu menafsir kartu besar , akan menemukan bahwa ada kesamaan dalam penafsiran kartu . berikut jenis kartu besar dan anreseden untuk dikemukakan disini :
1. Wands -> Diamonds [Wajik]
2. Cups -> Hearts [Hati]
3. Swords -> Clubs [Klaver]
4. Pentacles -> Spades [Sekop]

Setiap jenis Arkana Minor punya arti dan perlambanganny sendiri . Kartu Arkana Minor melambangkan pikiran , perasaan , tindakan dan hasrat yang memungkinkan terjadinya perubahan dalam kehidupan si penanya . Kartu Arkana Minor yang berangka itu bisa didominasi kartu kerajaan dan kartu Arkana Mayor , jadi penafsirannya bisa dipengaruhi kartu lain dalam penafsiran itu . Penafsiran kartu yang sedang dibeber atau dibaca juga bisa terpengaru apabila muncul banyak kartu dari jenis yang sama . Misalnya , jika pada pembeberan Celtic Cross [Salib Keltis] tiga kartu yang ada berasal dari jenis Cups , maka hal itu akan menunjukkan menonjolnya keadaan emosional si penanya .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "|1| Divination"

Posting Komentar