|4| Divination

I-Ching


• Apakah I-Ching itu? Darimana asalnya?

I-Ching adalah teknik peramalan yang tertua, paling terkenal dan paling sering digunakan di Cina. I-Ching adalah kumpulan dari kebijakan-kebijakan Cina kuno yang tak lekang waktu serta dikembangkan, diteliti sepanjang masa.

Dalam rentang waktu ribuan tahun, I-Ching telah ditest berulang kali, dibuktikan, dan menyumbangkan peran yang sangat besar bagi studi peramalan.

Buku “I-Ching” adalah buku tentang mengapa, tanda, angka dan ramalan.

Ruang lingkup I-Ching seluas alam semesta. Karena tidak ada yang lepas dari ruang lingkup I-Ching ini maka semua hal dapat diprediksi (diramal) oleh I-Ching, seperti cinta, peruntungan, kekayaan, udara, gempa bumi, bencana, dan lain-lain.

Tidak seperti kartu Tarot, di dalam I-Ching sudah terdapat astrologi. Oleh karena itu, meramal waktu dimungkinkan. Artinya anda tidak hanya dapat meramal gempa bumi, namun anda juga bisa memprediksi kapan tepatnya gempa bumi itu akan terjadi di bulan atau di tahun apa.

Orang bijak Cina kuno percaya bahwa hal di alam semesta ini berhubungan dengan angka setiap tanda berkaitan dengan kejadian yang akan datang.

I-Ching mengandung 2 hal : pertama, adalah I dan kedua adalah ching. I berarti sistem ying dan yang (gelap dan terang). Ching berarti “buku” jadi I-Ching adalah buku tentang sistem ying dan yang.

Sebelum seseorang manulis buku I-Ching, sistem ying dan yang sudah ada yang diketemukan oleh Raja Wen pada dinasti Zou sekitar 1000 tahun sebelum masehi.

Sistem ying dan yang ini dapat digunakan untuk memprediksi mekanisme atau cara kerja alam semesta. Orang Cina kuno percaya masa depan dapat diramal dan di kalkulasi secara matematis dengan menggunakan astrologi dan tanda-tanda alam.

Orang yang menggunakan astrologi dan tanda-tanda alam untuk menentukan pergerakan/perubahan alam semesta (I-Ching) dapat memprediksi masa depan dengan akurat karena I-Ching adalah alat yang digunakan orang bijak untuk berkomunikasi dengan Tuhan.

• Mengapa anda harus mempelajari I-Ching?

Setiap hari kecelakaan, pembunuhan, bencana terjadi perang, tabrakan pesawat membunuh banyak orang. Orang bahkan dapat terbunuh oleh kilat secara tiba-tiba.

Agar dapat melindungi hidup anda, anda perlu belajar bagaimana memprediksi masa depan dengan menggunakan metode peramalan yang dapat dipercaya dan akurat. Tanpa metode yang terpercaya dan akurat untuk memprediksi masa depan anda seperti orang yang berjalan di dalam kegelapan, anda tidak tahu akan menabrak apa di ruangan gelap.

Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun, penulis percaya bahwa I-ching adalah satu-satunya alat untuk meramal masa depan yang dapat dipercaya.

Tidak seperti kartu Tarot, I-Ching tidak perlu mereka-reka hasil ramalan. Semuanya dikalkulasi secara matematis dan fisika untuk menghasilkan ramalan.

Semua langkah dalam peramalan I-ching berdasarkan metode yang telah diuji dan dibuktikan berabad-abad lamanya oleh orang-orang bijak kuno di Cina.

• Sejarah I-Ching

Raja Wen dari dinasti Zou adalah bapak I, sistem ying dan yang. Setelah ditemukan Raja Wen, banyak ahli astrologi dan cendikiawan menyumbangkan studi I ini.

Sekitar abad pertama, ahli strategi militer Cina menulis buku “I-ching” penulisnya tidak diketahui. Buku I-Ching tersebut berasal dari diari militer yang digunakan untuk mencatat prediksi dan hasilnya.

Buku I-ching membantu kita memahami apa itu astrologi dan tanda-tanda alam yang menyebabkan kejadian di masa depan.

Setelah kehadiran I-ching banyak para ahli astrologi dan peramal menyumbangkan penemuan, pengalaman mereka untuk pengembangan I-Ching. Sekarang ini study I-Ching telah semakin sempurna dan banyak digunakan orang untuk meramal masa depan.

• Buku Tertua di Dunia

I-Ching adalah satu-satunya buku tertua di dunia yang pernah ditemukan manusia. Usianya diperkirakan 5000 tahun, jauh lebih tua dari buku tertua ke dua di dunia yaitu Alkitab atau Injil (2000 tahun).

• Symbol-symbol kehidupan yang dipergunakan inilah yang tertuang dalam I Ching, yaitu:

1. Wu Chi.
Diartikan sebagai Alam Suwung, keadaan kosong yang hampa, yang melambangkan tentang alam semesta yang bermula dari suatu keadaan kosong yang belum ada apapun di dalamnya. Ini bisa juga dijabarkan sebagai adanya sesuatu yang tak terjangkau akal pikiran kita dan kita tidak tahu pasti seperti apa persisnya. Ini disimbolkan sebagai sesuatu yang hampa/kosong. Simbol ini digambarkan sebagai sebuah lingkaran yang kosong.

2. Tai Chi.
Arti harafiahnya adalah Maha Kutub. Simbol ini menggambarkan tentang suatu kondisi bahwa kehampaan/kekosongan yang mengawali konsep kehidupan sebagaimana disimbolkan di atas, ternyata berporos pada Satu Titik Pusat / Maha Kutub ( Pusat Kegaiban Semesta ) yang kemudian menjadi sumber penggerak bagi semua fenomena yang ada di alam semesta ini dan bagi segala proses perubahan, pertumbuhan maupun kehidupan/dinamika yang ada di Jagad Raya. Pusat penggerak ini kemudian dikenal sebagai Hukum Alam, yang merupakan Satu Kesatuan Utuh sebagai ibu dari segala hal yang tercipta dan sumber penggerak atas semua fenomena alam yang terjadi. ( note penulis : dalam bahasa agama, inilah yang kita posisikan sebagai Tuhan – dalam pelajaran I Ching tidak disebut sebagai Tuhan karena di jaman itu belum dikenal adanya agama ) Pelajaran ini disimbolkan sebagai sebuah lingkaran kosong dengan satu titik hitam di pusatnya.

3. Yin Yang.
Merupakan penggambaran tentang adanya kondisi yang saling antagonis. Ada gelap ada terang, ada dingin ada panas, ada yang buruk ada yang bagus, kecil-besar, lentur-kaku, lembut-keras, jinak-ganas, pasif-aktif, dll. Ke semuanya itu dijabarkan sebagai Hukum Negatif dan Positif. Simbol yin-yang ini bergambar lingkaran dengan kombinasi hitam putih dan dua buah mata yang juga hitam putih dalam komposisi yang saling simetris. Sekarang ini, lambang tersebut lebih dikenal sebagai Simbol / Lambang Tao.

4. Wu Xing.
Yang diartikan sebagai Lima Elemen, yaitu Kayu, Api, Tanah, Logam & Air. Kayu, melambangkan warna Hijau, Cinta Kasih, Lever, Musim Semi, Sifat yang kaku, Hutan, dll. Api sebagai gambaran warna Merah, Kesusilaan, Jantung, Musim Panas, Sifat yang pemarah, Matahari, dll. Tanah sebagai symbol warna Kuning, Kejujuran, Lympha dan Lambung, Musim Pancaroba, Sifat yang malas, Bumi, dll. Logam yang mencerminkan warna Putih, Perikebajikan, Paru-paru, Musim Gugur, Sifat yang egois, Awan, dll. Air sebagai gambaran dari warna Hitam, Rendah Hati, Ginjal, Musim Dingin, Sifat yang liar, Laut,dll. Semua fenomena alam dan juga seluruh aktivitas kehidupan, bisa dikelompokkan / dijabarkan ke dalam kategori Lima Elemen di atas.

5. Ba Gua / Pat Kwa.
Yaitu Delapan Trigram yang digambarkan sebagai kompilasi dari perpaduan Garis Utuh ( Yang / Positif ) dan Garis Putus ( Yin / Negatif ). Tiap trigram menggambarkan tentang Langit-Bumi, Gunung-Danau, Api-Air dan Petir-Angin. Langit-Bumi, sebagai Ayah & Ibu serta Sesuatu yang Aktif & Pasif. Api-Air sebagai Putri Tengah & Putra Tengah serta Kondisi yang Panas & Dingin. Gunung-Danau sebagai Putra Bungsu & Putri Bungsu serta Sifat yang Tinggi Hati & Rendah Hati. Petir-Angin, sebagai lambang dari Putra Sulung & Putri Sulung serta Hal tentang Kegalauan & Kedamaian. Masing-masing trigram terdiri atas 3 buah garis yang tersusun sedemikian rupa, tanpa ada satupun perpaduan kombinasi garis yang sama satu dengan lainnya.

Dengan menggunakan simbol-simbol kehidupan inilah, Fu Xi menjabarkan konsep filsafatnya tentang Hakekat Perubahan yang terjadi di alam kehidupan ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "|4| Divination"

Posting Komentar